Sejarah

You are here:-Sejarah
Sejarah2019-05-02T10:51:31+07:00

Sekilas Perjalanan ISMI

TENTANG ISMI Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) didirikan oleh 4 ormas besar, yaitu : NU, MUHAMMADIYAH, ICMI dan MUI di Jakarta pada tanggal 18 Desember 2012 sebagai institusi per-kumpulan Saudagar Muslim Seluruh Indonesia, merupakan kebutuhan dalam kancah da’wah bil hal membangun perekonomian dan kesejahteraan umat, bangsa dan negara.

ISMI sebagai wadah Saudagar / Pengusaha Muslim yang merupakan mayoritas pengusaha di negara Indonesia sudah sepatutnya menjadi penopang perekonomian nasional di tengah perubahan yang terjadi di dunia. ISMI perlu mendorong ekonomi Islam sebagai konsep yang rahmatan lil ‘alamin untuk dimanifestasikan dalam suatu tindakan yang melingkupi peningkatan kesejahteraan, pemerataan kesempatan, penegakan kebenaran dan keadilan serta turut memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan negara dalam bingkai : Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Problematika dan tantangan perekonomian dalam lingkup regional, nasional maupun internasional saat ini dalam kondisi kritis dan sangat kompleks, sehingga perlu dijadikan perhatian khusus. ISMI perlu menganalisis secara mendalam dan mengajukan solusi yang terbaik guna penyelamatan ekonomi yang membawa pada kesejahteraan masyarakat di Indonesia pada khususnya dan umat manusia di dunia pada umumnya.

Saudagar/ Pengusaha Muslim di Indonesia harus mengambil peran dan langkah nyata dalam pemecahan sistem ekonomi yang ada saat ini. Oleh Karenanya, sudah sepatutnya pengusaha muslim menjadi pelaku utama yang memberi manfaat, kontribusi besar dan menjadi tiang/ soko guru perekonomian UKM (Usaha Kecil dan Menengah) nasional di tengah perubahan yang terjadi di dunia global dan di era digital.